Sabtu, 04 Mei 2024

INFORMASI :

 Selamat Datang di Website Desa Mergosono Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah   

LOMBA MENYUSUN MENU SEHAT SEHARI-HARI di Desa Mergosono Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah

LOMBA MENYUSUN MENU SEHAT SEHARI-HARI di Desa Mergosono Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah

MERGOSONO - Konsumsi pangan yang berkualitas sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat, aktif, cerdas dan produktif. Kualitas konsumsi dipengaruhi oleh keragaman jenis pangan yang dikonsumsi. Semakin beragam jenis pangan yang di konsumsi, semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi, bahkan semakin mudah tubuh memperoleh berbagai zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Sampai saat ini pola konsumsi pangan masyarakat masih menunjukan kecendrungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya, maka perlu upaya untuk merubah pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) dengan melibatkan semua pemangku kepentingan                

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, pada Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Kebumen Menyelenggarakan Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa/Kelurahan dengan Terbitnya Surat Edaran yang di tindak lanjuti dengan Surat dari Kecamatan Buayan  Nomor :414.4/25 Tanggal 06 Februari 2024. Mendasari Surat Edaran tersebut, untuk Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa/Kelurahan Tahun 2024 untuk Kecamatan Buayan dijadwalkan pada Rabu 28 Februari 2024 dan dilaksanakan serempak untuk semua Desa/Kelurahan, dan nantinya kegiatan tersebut akan dimonitoring dari Tim Kecamatan . Menindak lanjuti surat dari Kecamatan Buayan Nomor :414.4/25 Tanggal 06 Februari 2024, Pemerintah Desa Mergosono bersama Tim Penggerak PKK Desa Mergosono Pada Hari Rabu Tanggal 28 Februari 2024 Jam 09.00 WIB bertempat di Aula Balai Desa Mergosono menyelenggarakan Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari yang di Ikuti oleh 15 Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Peserta Lomba menyajikan makanan sehat sehari untuk 1 (satu) orang dewasa dengan kandungan 2100 kalori atau 3 piring nasi untuk menu makan Pagi, Siang, dan Malam komplit dengan komposisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral senilai Rp. 30.000,- (1 piring Rp. 10.000,-). Tim Penilai adalah Tim Penggerak PKK Desa Mergosono di bantu oleh kader PKK, Serta Bidan Desa.  Tim penilai melakukan penilaian terhadap seluruh menu yang disajikan  seluruh peserta berdasarkan kriteria yang meliputi kandungan kalori dan nilai gizi (30%), tekstur dan penampilan (15%), rasa (20 %), kesesuaian harga ( 15%), kreativitas (20%). Dan Pemenang Lomba berhak menerima hadiah dengan tingkataan Juara 1 sebesar  Rp. 500.000,- , Juara 2 sebesar Rp. 300.000,-, dan Juara 3 sebesar Rp. 200.000,-.

Berita Acara hasil Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa Mergosono di laporkan kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan Buayan untuk di rekap dan dilaporkan kepada Bupati Kebumen melalui Dinas PMD untuk di tetapkan sebagai pemenang lomba dengan Keputusan Bupati Kebumen.               Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dan membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman guna memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada disekitar rumah.
 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung